Inilah Cara Konservasi Air yang Mudah di Sekolah

Air merupakan hal esensial penting bagi manusia. Di wilayah kita, kekurangan air mungkin belum menjadi isu utama, akan tetapi ada baiknya kita mulai menghemat dan mengonservasi air mulai dini. Konservasi ait tidak melulu tentang penghematan penggunaan air atau mematikan kran saat tidak digunakan, tetapi bisa dengan menggunakan teknologi untuk memanfaatkan sumber air dengan sebaik-baiknya.

Berikut cara sederhana mengkonservasi air disekolah yang bisa kalian lakukan.

Konservasi air dimulai dari diri sendiri

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan menggunakan air dengan hemat, tidak berlebihan. mencuci tangan dengan air secukupnya, mematikan kran jika sudah tidak digunakan, lebih peduli dengan penggunaan air.

 

Membuat saluran biopori

Lubang biopori berguna untuk menahan resapan air sementara sehingga tidak terjadi limpahan air berlebihan jika sudah penuh dan pada akhirnya air tidak begitusaja mengalir dan terbuang sia-sia.  Selain itu, biopori juga membantu peresapan air kembali kedalam tanah. biopori bisa di buat pada halaman sekolah atau lahan-lahan yang sekiranya memungkinkan penyerapan air. Di sekolah kita yang luasnya 10.000 meter persegi, idealnya kita setidaknya ada. 1800 lubang biopori.

 

Membawa bekal air minum dari rumah

Setidaknya, dengan membawa air minum sendiri dari rumah kita sudah mengurangi penambahan limbah plastik  air kemasan. Membawa sendiri bekal air minum dari rumah juga menghemat secara finansial.

 

Menanam tumbuhan dilingkungan sekolah

Semakin banyak tanaman di lingkungan sekolah, tidak hanya membuat lingkungan menjadi lebih sejuk, tetapi juga bisa membantu tanah menyerap air dan mengurangi limpasan.

 

Demikian tadi hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengonservasi air di lingkungan sekolah. Pastinya perlu pembiasaan dari diri sendiri, tapi percayalah apa yang kita mulai dengan baik sekarang akan membantu sekali untuk generasi kedepan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *