REduce , REuse , REcycle Pembuatan Ecobrick Dari Pemanfaatan Kembali Sampah Plastik

 

Tingkat kerusakan lingkungan akibat pengelolaan sampah yang kurang tepat menjadi perhatian di negara kita. Kerusakan akibat sampah itu pada umumnya diakibatkan dari sampah-sampah yang tidah bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita. Untuk itu perlu adanya kesadaran masyarakat dalam bagaimana mencegh peningkatan kerusakan yang ditimbulkan oleh sampah tersebut.

Penerapan sistem 3R (ReuseReduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan di samping mengolah sampah menjadi kompos atau meanfaatkan sampah menjadi bahan guna yang lain. Selain itu, penerapan 3R ini juga dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kegiatan sehari-hari. hal inilah yang melatarbelakangi kader adiwiyata SMPN 8 Blutar untuk bekerjasama dengan Bank Sampah Kelurahan Plosokerep untuk mealakukan pelatihan pemanfaatan kembali sampah dengan membuat Ecobrick .

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah plastik bekas kemasan untuk membuat blok bangunan yang bisa digunakan kembali, Ecobrick mampu memberi kehidupan baru bagi limbah plastik.

Tujuan dari Ecobrick adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna. Contoh pemanfaatan pembuatan ecobrick adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *